Sablon kaos promosi bisa menjadi langkah praktis untuk mengenalkan
produk dan brand perusahaan. Selain melalui brosur, pamflet, iklan di
berbagai media, promosi gratis juga bisa dilakukan dengan membagikan
sablon kaos promosi. Kaos promosi bisa menjadi media untuk
mempromosikan brand secara efektif dan efisien, karena sifatnya lebih
fleksibel, awet dan tidak terbatas oleh waktu seperti halnya iklan di
media cetak. Untuk memberikan hasil yang memuaskan, maka diperlukan
strategi dalam membagikan kaos promosi agar tepat sasaran pada target
konsumen.
Sebagai media untuk menyampaikan pesan bisnis, maka sudah seharusnya
kaos promosi memiliki design yang menarik, mudah dibaca dan dimengerti
oleh masyarakat luas sehingga tidak menimbulkan kesalahan informasi.
Secara umum, kaos promosi bisa dibagikan kepada karyawan atau SPG dan
SPB pada saat event tertentu seperti pameran sehingga pengunjung pameran
bisa dengan mudah mengenali brand perusahaan. Pada event tersebut kaos
promosi bisa sangat efektif dalam mengenalkan brand atau produk
sehingga bisa meningkatkan potensi pengunjung pameran sebagai konsumen.
Selain digunakan oleh karyawan perusahaan, kaos promosi bisa
dibagikan kepada konsumen atau masyarakatr luas sebagai marchandise.
Kaos promosi dianggap sebagai media promosi yang cukup efektif karena
memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah lebih hemat biaya karena
biaya yang diperlukan hanya untuk pembuatan kaos saja dan kaos bisa
digunakan kapan saja tidak terbatas oleh waktu. Berbeda dengan media
iklan yang memiliki keterbatasan waktu dan penambahan biaya ketika iklan
diperpanjang, dengan kaos promosi pesan iklan bisa dilihat oleh
masyarakat luas tanpa ada biaya tambahan.
Cara membagikan kaos promosi yang paling dasar adalah melalui event
atau acara atau bazaar yang diselenggarakan di suatu tempat. Kaos
promosi bisa dibagikan kepada konsumen secara langsung sebagai hadiah
atas pembelian produk dengan jumlah tertentu. Dengan adanya hadiah
berupa kaos promosi, konsumen akan memberikan feedback yang
menguntungkan perusahaan dengan mengenakan kaos tersebut dalam aktivitas
sehari-hari. Jangan lupa untuk mencatat data diri penerima kaos. Data
pelanggan ini bisa dipakai untuk lebih mengenal customer anda. Tentunya
semakin banyak konsumen yang mengenakan kaos promosi, semakin besar pula
peluang bagi brand perusahan untuk dikenal sehingga lebih familiar bagi
masyarakat. Kondisi ini secara tidak langsung bisa meningkatkan brand
perusahaan di mata masyarakat luas.
Cara kedua adalah dengan memiliki data pelanggan terlebih dahulu.
Data ini bisa didapatkan dari survey yang dilakukan secara terpisah,
atau dengan membeli database online yang sudah siap pakai. Dari data
tersebut, kaos promosi bisa dikirimkan langsung kepada pelanggan. Tetu
saja pengiriman dilakukan proses seleksi. Tidak semua calon pelanggan
mendapatkan kaos gratis, tetapi hanya pelanggan yang berpotensi menjadi
pelanggan tetap.
Cara lain selain membagikan langsung dan mengirimkan ke pelanggan
adalah dengan membagikan melalui toko atau jaringan penjualan. Pembelian
sejumlah tertentu di toko tertentu berhadiah kaos promosi. Hal ini akan
membantu meningkatkan penjualan di toko atau outlet tersebut, juga akan
efektif menggapai pelanggan yang tepat.
Kaos promosi bisa juga dibagikan sebagai imbalan jika konsumen
mengisi kuesioner atau survey, atau mengikuti kuis yang diselenggarakan
oleh perusahaan. Dengan cara ini, perusahaan atau pemilik merek bisa
mendapatkan data pelanggan yang tepat, sekaligus memberikan apresiasi
kepada pelanggan sambil berpromosi.
Untuk menjaga image perusahaan, maka penting juga untuk
mempertimbangkan kualitas bahan dan sablon kaos promosi sehingga kaos
bisa tetap nyaman dikenakan sehari-hari. Selain itu, sablon kaos
promosi yang awet bisa menjadi media promosi gratis dalam waktu yang
cukup lama.
www.rmzsablon.com